Favorite place for share on cyber. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

keep positive thinking
and everything's gonna be okay...

Ciri dan Karakteristik Virus

Kata virus hampir selalu dipakai untuk menyebut program-program yang sengaja dibuat agar dapat merusak komputer tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Program semacam itu terkenal dengan istilah Malware (Malicius Software). Virus itu cuma satu contoh Malware, selain virus masih ada Worms, Torjan, Wabbit, dan lain-lain yang juga bisa disebut Malware.

Suatu program dapat disebut sebagai suatu virus apabila memenuhi minimal 5 kriteria berikut :

1. Kemampuan untuk mendapatkan informasi.

Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu directory. Untuk apa? Agar dia dapat memperoleh daftar file yang bisa dia tulari. Misalnya, virus makro yang akan menginfeksi semua file data MS Word, akan mencari daftar file berekstensi *.doc. Disinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/data semua file, lalu memilahnya dengan mencari file-file yang bisa ditulari. Biasanya data ini tercipta saat file yang tertular/terinfeksi virus atau file program virus itu sendiri dibuka oleh user. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya (biasanya) di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan semua data hilang. Tetapi data-data ini akan tercipta kembali setiap kali virus itu diaktifkan. Biasanya data-data ini disimpan juga sebagai hidden file oleh virus tersebut.

2. Kemampuan untuk memeriksa suatu file.

Suatu virus juga harus bisa memeriksa suatu file yang akan ditulari, misalnya dia bertugas menulari program berekstensi *.doc, maka dia harus memeriksa apakah file dokumen tersebut telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah, akan percuma menularinya lagi. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file/program. Yang umum dilakukan oleh virus adalah memiliki/memberi tanda pada file/program yang telah terinfeksi sehingga mudah untuk dikenali oleh virus tersebut. Contoh penandaan adalah misalnya memberikan suatu byte yang unik di setiap file yang telah terinfeksi.

3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri.

Kalau ini memang virus “bang-get”, maksudnya, tanpa kemampuan inii tak adalah virus. Inti dari virus adalah kemampuan mengandakan diri dengan cara menulari file lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon korbannya maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya. Jika belum terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya penularan dengan cara menuliskan byte pengenal pada file tersebut, dan seterusnya mengcopikan/menulis kode objek virus diatas file sasaran. Beberapa cara umum yang dilakukan oleh virus untuk menulari/menggandakan dirinya adalah :

  1. File yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. Kemudian diciptakan suatu file berisi program virus itu sendiri menggunakan nama file yang asli.
  2. Program virus yang sudah dieksekusi/load ke memori akan langsung menulari file-file lain dengan cara menumpangi seluruh file yang ada.

4. Kemampuan melakukan manipulasi.
Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file. Isi dari suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang melakukan perusakan. Rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi file atau pun mempopulerkan pembuatnya ! Rutin ini memanfaatkan kemampuan dari suatu sistem operasi (Operating System), sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi. Misal:
  • Membuat gambar atau pesan pada monitor.
  • Mengganti/mengubah-ubah label dari tiap file, direktori, atau label dari drive di PC.
  • Memanipulasi file yang ditulari.
  • Merusak file.
  • Mengacaukan kerja printer, dsb.

5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri.

Kemampuan menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana.

Langkah-langkah yang biasa dilakukan adalah:

  • Program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai.
  • Program virus diletakkan pada Boot Record atau track pada disk yang jarang diperhatikan oleh komputer itu sendiri.
  • Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak terlalu berubah ukurannya.
  • Virus tidak mengubah keterangan/informasi waktu suatu file.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

NAFASAT QABEEL mengatakan...

Halo semua, Perlu peretasan layanan? hubungi noblehacker284@gmail.com
 Berhati-hatilah, sebagian besar disebut hacker di sini adalah penipu, saya tahu bagaimana hacker nyata bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri di sebuah sopan santun mudah percaya dan mereka selalu diskrit. Saya telah scammed berkali-kali putus asa berusaha mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya, akhirnya teman saya memperkenalkan saya kepada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera, mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
- Penjualan kartu ATM kosong.
- Universitas atau sekolah nilai berubah
- Rekening Bank hack dan transfer dana
- Menghapus catatan kriminal hack
- Facebook hack, Twitters hack
- Account email hack, gmail, yahoomail, hotmail dll
- Hack Skype
- Database hack
- Word Press Blog hack
- Komputer Individu hack
- Kontrol perangkat dari jarak jauh hack
- Verified Paypal Account hack
- Android & iPhone Hack dll
- Penjualan dan pasokan software Hacking.
Tapi mereka membantu saya;
- Berubah nilai sekolah saya
- Hacked saya kecurangan ass email pacar facebook
- Yang paling dari semua itu, mereka membantu saya dengan pengiriman uang Western Union dan saya dilacak dan mengkonfirmasi uang sebelum saya membayarnya biaya mereka. Saya telah membuat mereka hacker permanen dan Anda dapat juga menikmati layanan mereka.
Anda dapat menghubungi mereka di noblehacker284@gmail.com untuk setiap layanan hacking dan juga berusaha untuk menyebarkan kabar baik tentang bagaimana mereka membantu you.They LAYAK MY PUBLISITAS ..

NAFASAT QABEEL mengatakan...

Halo semua, Perlu peretasan layanan? hubungi noblehacker284@gmail.com
 Berhati-hatilah, sebagian besar ini disebut hacker di sini adalah penipu, saya tahu bagaimana hacker nyata bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri dalam sopan santun kering dan mudah percaya dan mereka selalu diskrit. Saya telah scammed berkali-kali putus asa berusaha mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya, akhirnya teman saya Diperkenalkan saya untuk kelompok diandalkan hacker yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera, mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
- Penjualan kartu ATM kosong.
- Nilai sekolah Universitas atau mengubah
- Rekening Bank hack dan transfer dana
- Menghapus catatan kriminal hack
- Facebook hack, hack Twitters
- Account Hack email, gmail, yahoomail, hotmail dll
- Hack Skype
- Database hack
- Word Press Blog hack
- Komputer Individu hack
- Kontrol perangkat dari jarak jauh hack
- Paypal Verified Account hack
- Android & iPhone Hack dll
- Penjualan dan pasokan software Hacking.
Tapi mereka membantu saya;
- Berubah nilai sekolah saya
- Hacked pacar saya kecurangan ass email facebook
- Yang paling dari semua itu, mereka membantu saya dengan pengiriman uang Western Union dan dan dilacak dan mengkonfirmasi uang sebelum dan membayarnya biaya mereka. Saya telah membuat mereka hacker permanen dan Anda dapat juga menikmati layanan mereka.
Anda dapat menghubungi mereka di noblehacker284@gmail.com untuk setiap layanan hacking dan juga berusaha untuk menyebarkan kabar baik tentang bagaimana mereka membantu you.They LAYAK MY PUBLISITAS ..

Posting Komentar